We’ve updated our Terms of Use to reflect our new entity name and address. You can review the changes here.
We’ve updated our Terms of Use. You can review the changes here.

Tingkatkan Kemampuan Mesin Pencarian, Google Adopsi Teknologi Baru

by Berita Terkini

about

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google meningkatkan kemampuan mesin pencarian atau Google Search dengan mengadopsi teknologi baru bernama Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT). Dengan model ini, pengguna bisa mencari informasi dengan beragam bahasa, tetapi maknanya sama.

Google menilai, inti dari mesin pencarian adalah memahami bahasa. Karena tim risetnya mengembangkan mesin pembelajaran (machine learning) selama lima tahun terakhir, untuk meningkatkan pemahaman bahasa.

Tahun lalu, Google memperkenalkan teknik sumber terbuka (open source) berbasis jaringan neural untuk pemrosesan bahasa secara alami alias natural language processing (NLP). Model ini disebut BERT. “Sekarang (Google Search) jadi lebih mengerti kalimat," kata Public Liaison for Search Google Danny Sullivan di Jakarta, Selasa (29/10).

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Tingkatkan Kemampuan Mesin Pencarian, Google Adopsi Teknologi Baru" , katadata.co.id/berita/2019/10/29/tingkatkan-kemampuan-mesin-pencarian-google-adopsi-teknologi-baru
Penulis: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Desy Setyowati

credits

released October 31, 2019

tags